cool hit counter

PWM DI Yogyakarta - Persyarikatan Muhammadiyah

 PWM DI Yogyakarta
.: Home > Artikel

Homepage

PENGUATAN PERAN PANTI ASUHAN SEBAGAI SARANA DAKWAH PERSYARIKATAN MELALUI KURIKULUM PONDOK PESANTREN

.: Home > Artikel > PWM
04 November 2018 07:04 WIB
Dibaca: 87
Penulis : Dyah Pikanthi Diwanti

 

 

PENGUATAN PERAN PANTI ASUHAN SEBAGAI SARANA DAKWAH PERSYARIKATAN MELALUI KURIKULUM PONDOK PESANTREN

(STUDI KASUS PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH SERANGAN)

 

Dyah Pikanthi Diwanti, SE, MM

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

 

Abstrak

 

Adanya panti asuhan sebagai salah satu panti sosial yang memiliki standarisasi dalam penyelenggarannya melalui dinas sosial pun memiliki peran sebagai sarana dakwah khususnya bagi panti-panti yang menerapkan kurikulum pontren (pondok pesantren) sebagai salah satu penguatan peran tersebut. Adapun keberadaan panti asuhan perlu untuk dikawal dalam penguatannya sebagai basis dakwah kader khususnya di lingkungan panti-panti yang bernaung di Persyarikatan baik itu Muhammadiyah maupun Aisyiyah. Berdasarkan database panti asuhan yang bernaung dalam Persyarikatan (di Yogyakarta dengan 5 wilayah yakni Kota, Gunungkidul, Sleman, Kulonprogo dan Bantul ) terdapat sekitar belasan panti dari ratusan panti yang tercatat di dinas sosial. Itu artinya perlu pendalaman lagi untuk menghidupkan bahkan membuat bertahan bagi sebagian panti-panti tersebut yang masih membutuhkan pengawalan.

Muhammadiyah dikenal sebagai Gerakan Dakwah Islam, Amar Ma’ruf Nahi Munkar (memerintahkan kebajikan/kebaikan dan mencegah kemungkaran atau apa saja yang diingkari dan ditolak oleh islam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Penguatan Peran Panti Asuhan (PAY putri Serangan) sebagai sarana dakwah Persyarikatan melalui kader penerus/ anak didik panti terkait dengan penerapan kurikulum pontren yang sudah dijalankan? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dikuatkan dengan kepustakaan baik dengan menghimpun data dari studi lapangan maupun literasi. Selain menggunakan data primer juga menggunakan data sekunder sebagai data pendukung. Berkaitan dengan penggunaan data primer, Obyek penelitian ini dilakukan pada Panti Asuhan Yatin Putri Aisyiyah Serangan Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah seluruh pengelola –anak panti dan supporting lain yang bersangkutan.

 

Penelitian ini menunjukan bahwa Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah merupakan salah satu panti yang sudah terakreditasi di lingkungan panti dibawah naungan Persyarikatan. Panti Asuhan Yatim (PAY) putri serangan ini sudah menerapkan pembelajaran kurikulum semi pondok dalam pelaksanaan diniahnya. Yakni program Tajwid, Tahsin dan Tahfidz. Selain dari program Fiqh dan lainnya. Program bidang pembinaan dan pendidikan meliputi pendidikan formal yang dilakukan disekolah masing-masing dan pendidikan informal ditujukan untuk peningkatan bidang keagamaan syiar (Madrasah Diniyah) semi pondok bagi anak-anak dengan kajian pendalaman materi agama, umum dan hafalan ayat AlQuran dan Hadist.

PAY putri Serangan yang beralamat di Jl Munir 109 Serangan Yogyakarta ini sampai dengan saat ini memiliki anak asuh sebanyak 46 tinggal didalam panti yang terdiri dari 3 anak SD-11 anak SMP-10 anak SMA-11 anak SMK- 4 mahasiswa negeri dan 7 anak mahasiswa swasta. Adapun 87 yang tinggal diluar panti / non panti yang terdiri dari 43 anak SD- 31 anak SMP dan 13 anak SMA. Fenomena ini menguatkan bahwa kebutuhan akan keberadaan panti asuhan dibawah naungan Muhammadiyah sebagai sarana penggodogan santri yang menjadi kader utama penerus perjuangan dan cita-cita Persyarikatan sudah seharusnya didukung dengan supporting yang memfasilitasinya. Untuk menumbuh kembangkan kader yang kuat secara kognitif (keilmuan) - afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) dibutuhkan padupadan ruang aktualisasi dengan ruang pembelajarannya. Disinilah keberadaan panti asuhan sebagai salah satu kekuatan tersebut harus senantiasa didorong bertumbuh dan berkemajuan.

 

 

Lanjutkan membaca atau UNDUH DISINI

 

atau DISINI


Tags: PenguatanPeranPantiAsuhandenganKurikulumPondokPesantren , DyahPikanthiDiwanti

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website